Rabu, 31 Maret 2010

Konjugasi Kata Kerja Bahasa Prancis : Futur de l’indicatif (2)

Konjugasi Kata Kerja Bahasa Prancis : Futur de l’indicatif (2)

Mengingatkan kembali bahwa perubahan kata kerja bentuk futur dengan menambahkan akhiran –ai, -as, -a, –ons, –ez, dan –ont pada kata kerja bentuk dasar (infinitif). Kali ini akan kita bahas kata kerja yang berakhiran berakhiran –eler, -eter, –éer, -e.er.
1. Kata kerja berakhiran –eler pada bentuk dasar (infinitif) hanya menggandakan konsonan « l » dan tambahkan akhiran –ai, -as, -a, –ons, –ez, dan –ont.
Bentuk présent
Bentuk futur
J’
appelle
appellerai
Tu
appelles
appelleras
Il / Elle / On
appelle
appellera
Nous
appelons
appellerons
Vous
appelez
appellerez
Ils / Elles
appellent
appelleront
Sementara itu, 18 kata kerja tidak menggandakan konsonan « l » tetapi menggunakan tanda ”`”(accent grave) contoh : kata kerja geler menjadi je gèlerai.
Tanda tersebut juga muncul pada bentuk présent contoh : kata kerja geler menjadi je gèle tetapi nous gelons dan vous gelez.
Kedelapanbelas kata kerja tersebut adalah celer, ciseler, congeler, déceler, décongeler, dégeler, démanteler, désurgeler, écarteler, s’encasteler, geler, harceler, marteler, modeler, peler, receler, regeler, surgeler.
2. Kata kerja berakhiran –eter pada bentuk dasar (infinitif) hanya menggandakan konsonan « t » dan tambahkan akhiran –ai, -as, -a, –ons, –ez, dan –ont.
Bentuk présent
Bentuk futur
Je
jette
jetterai
Tu
jettes
jetteras
Il / Elle / On
jette
jettera
Nous
jetons
jetterons
Vous
jetez
jetterez
Ils / Elles
jettent
jetteront
Sementara itu, 8 kata kerja tidak menggandakan konsonan « t » tetapi menggunakan tanda ”`”(accent grave) contoh : kata kerja acheter menjadi j’achèterai.
Tanda tersebut juga muncul pada bentuk présent contoh : kata kerja acheter menjadi j’achète tetapi nous achetons dan vous achetez.
Kedelapan kata kerja tersebut adalah acheter, bégueter, coseter, crocheter, fileter, fureter, haleter, racheter.
3. Kata kerja berakhiran –é-er pada bentuk dasar (infinitif) seperti espérer atau abréger, hanya menambahkan akhiran –ai, -as, -a, –ons, –ez, dan –ont.
Bentuk présent
Bentuk futur
J’
espère
espérerai
Tu
espères
espéreras
Il / Elle / On
espère
espérera
Nous
espérons
espérerons
Vous
espérez
espérerez
Ils / Elles
espèrent
espéreront
4. Kata kerja berakhiran –éer pada bentuk dasar (infinitif) tetap mempertahankan bentuk vokal « é » dan tambahkan akhiran –ai, -as, -a, –ons, –ez, dan –ont.
Materi Pelajaran :
Bentuk dan Jenis Kata Sifat
Konjugasi Kata Kerja
Konjugasi Présent
Konjugasi Futur
Kata Sandang
Latihan-latihan
Konjugasi Présent
Konjugasi Futur
Konjugasi Futur (groups : -eler, -eter, -éer, -e.er)
Kata Sandang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar