Rabu, 31 Maret 2010

Struktur Menara Eiffel

Struktur Menara Eiffel

Sulit untuk percaya sekarang, tapi ketika Menara Eiffel diusulkan pada akhir tahun 1800-an, banyak warga Paris – dan warga negara Prancis secara umum – menentangnya. Berikut adalah melihat cerita di balik salah satu struktur arsitektur yang paling dikenal di bumi.

REVOLUSIONER BERPIKIR

Pada tahun 1885, para pejabat Perancis mulai merencanakan Pameran Besar dari 1889, sebuah perayaan 100 tahun Revolusi Perancis. Mereka ingin membangun semacam monumen yang akan sebagai mulia sebagai Prancis sendiri. Washington Monument, sebuah batu dan marmer obelisk, baru-baru ini telah selesai. Pada 557 meter, itu adalah bangunan tertinggi di bumi. Prancis memutuskan untuk atas dengan membangun 1.000 kaki menara tinggi tepat di jantung kota Paris. Sekarang semua mereka harus lakukan adalah menemukan seseorang yang dapat merancang dan membangunnya.

OPEN SEASON

Pada tanggal 2 Mei 1886, pemerintah Perancis mengumumkan sebuah kontes desain: insinyur dan arsitek Perancis diundang untuk “mempelajari kemungkinan mendirikan di Champ de Mars menara besi dengan dasar dari 125 meter persegi dan 300 meter tinggi.”

Apa pun kontestan memutuskan untuk mengusulkan, desain mereka harus memenuhi dua kriteria lain: 1) struktur harus pembiayaan-sendiri itu cukup untuk menarik pengunjung membeli tiket-ke eksposisi untuk membayar sendiri konstruksi; dan 2) itu harus struktur sementara yang bisa dihancurkan dengan mudah di akhir pameran.

MERCI … NAMUN TIDAK, MERCI

Lebih dari 100 proposal yang diajukan oleh tenggat waktu Mei 18. Sebagian besar cukup konvensional, tapi beberapa di antaranya malah sangat aneh. Satu orang diusulkan guillotine bangunan yang besar; menyarankan lain mendirikan 1.000 kaki setinggi penyiram air semua Paris selama kekeringan; menyarankan ketiga meletakkan lampu listrik yang sangat besar di atas menara itu – dengan bantuan cermin parabolik yang ditempatkan secara strategis – akan memberikan seluruh kota “delapan kali lebih banyak cahaya yang diperlukan untuk membaca koran.

Sebenarnya, tak satu pun dari mereka punya kesempatan. Pada saat kontes diumumkan, Alexandre-Gustave Eiffel yang 53 tahun sudah dianggap struktural insinyur perancis’s “master pembangun logam” punya pekerjaan menjahit. (Dia akan kemudian menjadi sebagai Magicien le du Fer – “Besi Magician.”) Minggu sebelumnya, ia telah bertemu dengan menteri Perancis Edouard Lockroy dan disajikan rencana untuk sebuah menara besi tempa ia siap untuk membangun. Eiffel sudah menugaskan 5.329 mekanis 18.038 gambar yang mewakili berbagai komponen yang akan digunakan. Lockroy sangat terkesan bahwa ia dicurangi sehingga hanya kontes desain Eiffel akan menang.

Eiffel rencana untuk menara (Berkas Kredit: L’histoire de la tour Eiffel et sa konstruksi, putra vues par architecte, un album publié en 1900)


JOINT VENTURE

Pada Januari 1887, Eiffel menandatangani kontrak dengan pemerintah Perancis dan Kota Paris. Eiffel & Company, perusahaan teknik-nya, setuju untuk berkontribusi 1,3 juta dari menara diperkirakan $ 1,6 juta biaya konstruksi. Sebagai gantinya, Eiffel akan menerima semua pendapatan yang dihasilkan oleh menara selama pameran … dan selama 20 tahun sesudahnya. (Pemerintah sepakat untuk meninggalkan menara setelah Pameran.) Setelah itu, kepemilikan penuh kembali ke Kota Paris. Mereka bisa merobeknya bawah jika mereka mau.

MESIN UANG

Tidak seperti monumen publik lainnya, Menara Eiffel dirancang untuk membuat uang dari awal. Jika Anda ingin naik lift atau tangga ke cerita pertama, Anda harus membayar 2 franc; akan sampai ke biaya atas 5 franc (Minggu lebih murah). Itu baru permulaan; restoran, kafe, dan toko-toko yang direncanakan untuk cerita pertama, sebuah kantor pos, kantor telegram, roti, dan percetakan yang direncanakan untuk cerita kedua. Dalam semua, menara ini dirancang untuk menampung hingga 10.416 pelanggan yang membayar pada suatu waktu.

Groundbreaking
Konstruksi dimulai pada tanggal 26 Januari dengan tidak sejenak untuk cadangan. Dengan hampir dua tahun lagi untuk membangun menara di waktu untuk pembukaan Pameran, Eiffel harus membangun menara lebih cepat daripada struktur serupa telah dibangun sebelumnya. Washington Monument, hanya lebih dari setengah ukuran Menara Eiffel, telah mengambil 36 tahun untuk menyelesaikannya.

Paris PESTA POOPERS

Sebuah menara 1.000 kaki akan mengerdilkan Paris langit dan mengalahkan kota tengara lain, termasuk Notre Dame, Louvre, dan Arc de Triomphe. Ketika menggali mulai di atas dasar, lebih dari 300 warga Paris terkemuka menandatangani petisi memprotes menara. Mereka menyatakan bahwa Eiffel’s “keramat tempat lilin” akan “menjelekkan dan memalukan” kota. Tapi Eiffel dan kota mengabaikan petisi, dan bekerja terus tanpa gangguan.

Foto konstruksi Menara Eiffel (Berkas Kredit: L’histoire de la tour Eiffel et sa konstruksi, putra vues par architecte, un album publié en 1900)

LAIN KETAKUTAN

Menara masih mempunyai kritik. Seorang profesor matematika Perancis memprediksi bahwa ketika struktur melewati tanda 748-kaki, tak terhindarkan akan roboh; lain “ahli” meramalkan bahwa batang keringanan menara akan membunuh semua ikan di Seine.

Edisi Paris New York Herald mengklaim menara ini perubahan cuaca, dan surat kabar harian Le Matin memuat cerita mengklaim judul “The Tower adalah Sinking.” Jika benar-benar mulai tenggelam, “Le Matin wejangan,” bangunan lebih lanjut harus berhenti dan bagian yang sudah dibangun harus dihancurkan secepat mungkin. “Seperti menara kemajuan terus berlanjut, bagaimanapun, rasa kagum mulai menggantikan rasa takut .

DELAPAN WONDER OF THE WORLD

Sebagian besar kemajuan dalam arsitektur dan teknik yang inkremental. Jika, misalnya, Anda ingin membangun pertama di dunia 10-gedung, Anda akan mengharapkan untuk mempelajari teknik-teknik konstruksi 8-dan 9-bangunan bertingkat pertama. Tetapi Gustave Eiffel tidak memiliki kemewahan. Tidak seorang pun pernah membangun menara besi seperti miliknya dari berbagai ukuran … apalagi yang dua kali lebih tinggi sebagai bangunan tertinggi di bumi.

PLAN ENGINEERING GENIUS

Untuk melaksanakan tugasnya, Eiffel merancang beberapa teknik sangat cerdas:

  1. Tidak seperti proyek-proyek rekayasa besar-besaran hari, ia hampir semua suku cadang yang digunakan di menara prefabrikasi off-situs dalam lokakarya. Ini berarti bahwa ketika mereka tiba di menara, bagian-bagian dengan cepat bisa terpaku di tempatnya dengan minimal rewel.
  2. The memancangkan lubang itu sendiri predrilled ke toleransi dari sepersepuluh dari satu milimeter, sehingga memungkinkan untuk dua puluh memukau tim untuk menggerakkan sebuah paku keling rata-rata 1.650 sehari.
  3. Tidak satu pun dari girders digunakan dalam menara diperbolehkan untuk mempertimbangkan lebih dari tiga ton. Hal ini membuat lebih kecil kemungkinan untuk menggunakan crane untuk mengangkat segala sesuatu ke tempatnya. Seperti Joseph Harris menulis dalam The Tertinggi Tower:
  4. Eiffel telah belajar bahwa menggunakan komponen kecil lebih cepat dan lebih aman, bahkan jika metode itu membutuhkan lebih memukau, untuk crane bisa lebih kecil dan lebih mobile. Kemungkinan kecelakaan berkurang, dan jika seseorang itu terjadi akibat kurang serius. Penggunaan lebih besar akan memperlambat girders seluruh operasi dan membutuhkan lebih mahal dan rumit metode konstruksi.

Terima kasih untuk ini dan langkah-langkah keamanan lain, Menara Eiffel – tertinggi di dunia pembangunan – juga salah satu yang paling aman. Dari ratusan orang yang bekerja di menara, hanya satu, seorang asisten riveter bernama Dussardin, jatuh ke kematiannya.

Dermaga

Pada awal-awal proyek, sebenarnya ada empat lokasi konstruksi di Eiffel Tower, satu untuk setiap kaki, atau “dermaga.” Dermaga ini tidak bergabung bersama sampai tingkat 180-kaki … dan setelah titik ini tercapai, mereka harus mengatur tingkat sempurna satu sama lain untuk menciptakan sebuah platform horisontal sempurna yang tersisa 800 meter dari menara dapat dibangun. Jika dermaga itu bahkan sedikit keluar dari keterpaduan, perbedaan terkecil di dasar menara akan diperbesar di atas: itu akan muncul untuk bersandar.

Eiffel tahu tidak ada cara dia bisa menjamin akan tiang vertikal ketika selesai – margin untuk kesalahan ini terlalu besar. Jadi ia terinstal piston hidrolik sementara di dasar masing-masing kaki. Dengan cara itu, sebagai pekerjaan di menara berkembang, ia bisa “fine-tune” seluruh menara menjadi sempurna selaras dengan sedikit menaikkan atau menurunkan masing-masing kaki. Ketika menara ini benar sejajar, pekerja bisa mengemudi wedges besi ke dermaga untuk mengamankan mereka secara permanen.

Ternyata, Eiffel hanya sedikit perlu khawatir. Bahkan pada tingkat 180-kaki, yang terburuk dari empat tiang besar kurang dari 2 ½ inci dari keselarasan. Semua empat orang mudah disesuaikan dan diamankan di tempat. Bahkan saat ini, menara ini sempurna vertikal.

Finis

Menara Eiffel adalah keajaiban-bukan hanya untuk kecerdikan desain, tetapi juga karena hal itu selesai lebih cepat dari jadwal dan di bawah anggaran. Pameran ini dijadwalkan dibuka on May 6; bekerja di menara itu selesai pada 31 Maret.

Eiffel & Perusahaan itu memperoleh kembali uang dalam waktu singkat. Selama enam bulan Pameran sendirian, menara yang diterima kembali lebih dari $ 1,4 juta dari $ 1,6 juta biaya konstruksi; yang dikombinasikan dengan subsidi $ 300.000 yang disediakan oleh pemerintah Perancis, mendorong menara ke dalam hitam Pameran bahkan sebelum ditutup.

Menara ini seperti struktur yang megah itu memenangkan lebih banyak kritikus sebelumnya. Di antara mereka adalah perdana menteri perancis Tirard. Dia telah menentang proyek di awal, tetapi diberikan Eiffel medali Legiun Kehormatan setelah selesai. Menara, sebuah simbol dari Perancis yang tak tertandingi keahlian teknis, menjadi simbol dari Perancis itu sendiri.

Tidak semua orang yang membenci menara mengalami perubahan hati. Guy de Maupassant, novelis terkenal untuk The Kalung, dikatakan untuk makan secara teratur di sebuah restoran di lantai dua menara. Alasannya: Itu adalah satu-satunya tempat di Paris di mana ia yakin ia tidak akan melihat menara. (Bahkan beberapa karakter dalam novel-novelnya membenci menara.)

KETERANGAN

  • Setiap tujuh tahun, Menara Eiffel menerima mantel segar lebih dari 300 ton cat hijau kemerahan. Mengapa hijau kemerahan? Karena, menara pejabat mengatakan, itu adalah warna yang paling tidak berbenturan dengan biru langit di atas Paris, dan pemandangan hijau Champ de Mars di bawah ini.
  • Posisi Menara Eiffel empat “kaki” sesuai dengan “kardinal” titik kompas: mereka titik persis utara, selatan, barat, dan timur.
  • pada tahun 1925 Kota Paris ingin untuk menghias menara dengan lampu listrik sebagai bagian dari eksposisi seni diadakan di dekatnya, tetapi biaya, diperkirakan sebesar $ 500.000, itu terlalu tinggi. Ketika mobil André Citroën belajar dari proyek, ia menawarkan untuk membayar sendiri … sebagai imbalan atas hak untuk meletakkan nama perusahaan dan perusahaan di lampu simbol juga. City setuju. “Menara Eiffel,” Ehrlich Blake menulis di Paris di Seine, “menjadi listrik terbesar di dunia tanda, yang menguraikan ditelusuri dalam lampu.” Lampu sangat populer sehingga menara tetap menyala dengan berbagai desain sampai 1937.
  • Fakta Sad: Eiffel Tower adalah tengara paling populer untuk bunuh diri di Perancis. Tahun rata-rata, empat orang bunuh diri dengan melompat dari menara atau kadang-kadang, dengan menggantung diri mereka sendiri dari besi tempa balok. Orang pertama yang tewas dalam melompat dari menara, pada tahun 1911, bukan bunuh diri yang disengaja – orang itu seorang penjahit bernama Reichelt yang telah dijahit dirinya “pegas sayap kelelawar jubah” yang menurutnya akan memungkinkan dirinya untuk terbang.

Keterangan tambahan :

Gustave Eiffel juga merancang dan membangun kerangka besi yang mengangkat Statute of Liberty.
Kamar dengan pemandangan: Di antara fasilitas yang dirancang untuk Gustave Eiffel adalah menara apartemen penthouse di bagian atas, lengkap dengan grand piano dan lampu sorot untuk bersinar di monumen Paris lainnya. Dia membangun rumah itu untuk digunakan sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar